TNI Gelar Operasi Dompet, Pebecak Dihukum Makan Nasi Bungkus

HUT TNI, Denpom IV/4 Solo dari Kodam Diponegoro gelar Operasi Dompet Kempes (Foto: Bramatyo/Okezone)

SOLO – Cara unik dilakukan Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Solo, untuk memperingati HUT TNI ke-70 tahun yang jatuh hari ini, 5 Oktober 2015 dengan menggelar Operasi yang bertajuk 'Operasi Dompet Kempes'.
Operasi ini ditujukan pada sejumlah pebecak (tukang becak) dan pengguna jalan, untuk makan bersama di sebuah angkringan yang telah disediakan.
Alhasil, para pengguna jalan yang kebetulan melintas di depan Markas Denpom IV/4 Solo yang terletak di Jalan Arifin, Solo, Jawa Tengah, terkejut saat dihentikan aparat Polisi Militer.
Seperti yang dialami seorang pebecak bernama Martono. Martono terlihat kebingungan saat diminta mengeluarkan dompet miliknya.
Tanpa banyak bertanya lagi, Martono pun mengeluarkan dompet dari dalam celananya. Apalagi beberapa anggota personel gabungan antara TNI dan Kepolisian pun nampak mengerubunginya dan melakukan pengecekan terhadap isi dompetnya. Hal itu Membuat Martono semakin ketakutan.
Saat dompet Martono dibuka oleh anggota Denpom, Kopral Kepala (Kopka) Pratika Subagyo Lelono, Subagyo langsung berteriak ketika melihat isi dompet milik Martono tersebut kosong dan tak ada uang di dalamnya.
"Kenapa kosong? Tidak ada duitnya? Ini (Indonesia) kan sudah merdeka. Ini pelanggaran, harus ditindak tegas," ucap Kopka Bagyo kepada Martono, Senin (5/10/2015).
Martono semakin tambah bingung saat diperintahkan untuk mengikuti pemeriksaan lanjutan dengan menjalani persidangan. Saat persidangan berlangsung, petugas menanyakan apakah Martono sudah makan apa belum.
Suasana langsung cair seketika saat Martono dijelaskan hukuman yang diterima usai diperiksa, adalah makan nasi bungkus bersama-sama di angkringan yang memang sengaja disewa.
“Sudah makan belum? Kalau belum, njenengan (Anda) saya hukum dengan menghabiskan satu bungkus nasi dan makanan ini,” jelas Kopka Bagyo sambil tertawa lepas.
Operasi Dompet Kempes ini bertujuan untuk mendekatkan anggota TNI dengan masyarakat dari segala lapisan. Juga bertujuan meramaikan HUT TNI yang ke-70 tahun dengan makan bersama.
Baik dengan masyarakat juga anggota Polri. Dengan begitu harapanya semua akan rukun dan tidak ada perpecahan untuk kemajuan Indonesia.
"(Operasi dompet) bercanda saja sifatnya. Kita sebagai prajurit TNI, maju bersama masyarakat kecil semacam tukang becak ini. Ini merupakan acara kecil-kecilan untuk memeriahkan HUT TNI ke-70 yang jatuh pada hari ini,” pungkas Bagyo.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/10/05/512/1226285/tni-gelar-operasi-dompet-pebecak-dihukum-makan-nasi-bungkus

0 Response to "TNI Gelar Operasi Dompet, Pebecak Dihukum Makan Nasi Bungkus"

Posting Komentar