Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power supply Universal Serba Guna


Modul Gacun ini adalah rangkaian 3 kabel, dengan koneksi sederhana dan sirkuit diagram, itu menimbulkan anti-disturbance dan perlindungan atas tegangan, tegangan lebih, koneksi short cut dan kesalahan. Modul ini sangat sederhana.



Kerusakan Modul Power supply Universal / GACUN ini biasa disebabkan karena beban terlalu berat, panas yang berlebih / overheat, terjadi hubung singkat ( short ) pada bagian sekunder, salah pemasangan dan lain sebagainya.



Pada gambar diatas terlihat komponen yang diberi tanda # merah adalah komponen -komponen yang sering mengalami kerusakan dan beruntun kerusakkannya. Memang seperti ini penyebabnya apabila telah terjadi kerusakan pada bagian Sekunder power supply short dan akhirnya MOSFET (Q1) rusak menjadi short dan tegangan akan langsung mengalir ke R2 dan R2 akan putus atau terbakar karena kelebihan Daya, dengan putusnya R2 maka mengakibatkan tegangan mengalir lagi pada R3, karena R3 mendapat supply tegangan yang lebih besar maka mengakibatkan R3 dan IC rusak terbakar.



Dibawah ini adalah gambar skema rangkaian Modul Gacun :

Rangkaian Gacun


KESIMPULAN :
- Jika kerusakan MOSFET (Q1) short dan R2 putus kemungkinan besar R3 dan IC rusak dan harus dilakukan penggantian pada Q1, Q2, D2, R2, R3 dan IC. Mosfet Q1 biasanya menggunakan seri K2699 tergantung daya / untuk TV berapa inchi. Banyak seri pengganti Mosfet N-Chanel ini bisa dengan IRFP460 , 2SK2746, 2SK2766 dan sejenisnya, atau searching di GOOGLE saja. Untuk Cara Mengecek kondisi Q1 Mosfet silahkan baca Cara mengetes Transistor Fet (Mosfet) Menggunakan Multitester.

- Jika Q1 masih dalam kondisi baik biasanya hanya rusak bagian Q2 dan IC nya saja silahkan diganti. IC yang biasa digunakan adalah seri UC3843 ,untuk memudahkan penggantian IC sebaiknya pasang socket IC pada gacun. IC ini bisa diganti dengan UC3845, UC3842, UC3844. Sedangkan Q2 biasanya pakai Transistor 9014 dan bisa diganti dengan KSP2222, C945, C1815 dan transistor sejenisnya.

- Apabila R2 tidak putus / masih dalam kondisi baik maka komponen yang lain juga baik. dan bisa dilakukan penggantian hanya pada Q1.
- Bila komponen komponen yang rusak sudah diganti dan masih belum bisa bekerja cek dioda D3 dan D4.

- Bilamana sudah nyerah tidak bisa memperbaiki lagi, silahkan membeli yang baru saja. Harganya lebih murah... Saran saya kalau rusak Mosfet Q1 nya mending beli yang baru saja karena harga Mosfetnya lebih mahal dari pada Modul gacunnya.. Kecuali anda punya bekas mosfet dalam kondisi baik dan tidak terpakai.
Oke sekian dulu artikel tentang cara memperbaiki GACUN / Modul Power Supply Universal Serba Guna.

7 Responses to " Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power supply Universal Serba Guna"

  1. Itu persamaan mospetnya pke jenis apa gan?

    BalasHapus
  2. Mending beli baru...gk ribet wes

    BalasHapus
  3. Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power Supply Universal Serba Guna >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power Supply Universal Serba Guna >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Memperbaiki Gacun / Modul Power Supply Universal Serba Guna >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus