CARA MUDAH MENDESAIN LIFT RUMAH TINGGAL

  ENAM LANGKAH MUDAH MENDESAIN LIFT RUMAH TINGGAL TAMIANG

     Banyak diantara pelanggan baru kami yang masih sangat awam seputar kebutuhan home lift seringkali merasa kebingungan jika dihadapkan pada situasi apa yang harus dipersiapkan jika ingin instalasi sebuah home lift. Tak sedikit diantara mereka masih terbayang sebuah konstruksi lift yang sangat berat, rumit, bahkan berbiaya tinggi untuk pembuatannya sering kali terlihat di pusat perbelanjaan atau di gedung pencakar langit lainnya. Postingan kali ini terinspirasi dari berbagai masukan dari para pelanggan baru kami yang ingin memahami lebih mendalam tetapi mudah dimengerti seperti apa kebutuhan transportasi vertikal yang tepat untuk instalasi di rumah tinggal.


   Berikut ini akan dijelaskan step-by-step atau tahapan sederhana yang harus dipersiapkan atau mungkin juga jika ingin mempersiapkan kebutuhan dana/ budget untuk rencana instalasi lift rumah tinggal di masa yang akan datang: 

1. Kebutuhan Ruang Luncur Lift / Elevator Hoistway Shaft

   Berapa besar luasan ruang luncur yang ingin anda bentuk menjadi sebuah home lift sangat menentukan berapa banyak kapasitas penumpang yang dapat diangkut. Jika anda masih bingung jangan khawatir karena anda dapat merujuk pada standard dimensi ruang luncur produk Home Lift TAMIANG ELEVATOR. 
Tamiang Hoistway Shaft


     Ada 2 tipe Home Lift produksi TAMIANG ELEVATOR, yaitu berpenggerak Motor Gearless dan berpenggerak Hydraulic Drive. Adapun ukuran minimum ruang luncur bersih dalam / clear hoistway shaft yang dibutuhkan:

  • GEARLESS    : 1.500 mm (Lebar/Width) x 1.500 mm (Panjang/Depth)        
  • HYDRAULIC : 1.500 mm (Lebar/Width) x 1.500 mm (Panjang/Depth)


    Ukuran sangkar/ cabin dengan kapasitas angkat 400kg setara 4 orang dewasa, atau 1 buah kursi roda dengan 1 orang pendampingnya yang dapat diraih adalah :

  • GEARLESS      : 1.200 mm (Lebar/Width) x 900 mm (Panjang/Depth)
  • HYDRAULIC  : 1.200 mm (Lebar/Width) x 900 mm (Panjang/Depth)

2. Posisi Ruang Luncur Lift/ Elevator Hoistway Shaft 

   Setelah kita menentukan kebutuhan ruang yang tersedia ataupun kebutuhan ruang yang dikehendaki, maka kita juga harus melihat apakah posisi penempatan ruang luncur lift sudah di posisi yang tepat. Jika posisi penempatan ruang luncur lift lantai dasar berada di area ruang tamu, maka posisi ruang luncur lift di lantai atas pun harus free space dalam artian tidak berbenturan dengan service area yang ada, seperti: kamar mandi, kamar tidur, ataupun gudang. 
     Jika posis ruang luncur lift yang anda kehendaki berada di VOID, atau area terbuka di luar ruangan seperti contoh gambar di bawah ini, maka analisis penempatan ruang luncur bisa lebih fleksibel atas luasan ruang luncur yang dikehendaki. Anda tinggal melihat posisi bukaan pintu lift di lantai atas dapat diakses oleh semua pengguna lift tanpa terkendala privacy penghuni lain.
      Contoh dibawah ini adalah penempatan hoistway shaft di taman belakang dimana bukaan pintu lift berada di balkon lt.2 yang merupakan area ruang tamu yang bisa diakses oleh semua pengguna lift.

Posisi ruang luncur lift
Pastikan area di lantai bawah dan atas free space untuk memudahkan akses keluar masuk pengguna lift dan juga meminimalisir pekerjaan sipil pembongkaran ruangan.

3. Analisis Ketinggian/ Elevasi Bangunan

     Banyak salah persepsi diantara sebagian besar pelanggan kami yang notabene masih sangat awam dalam menganalisis elevasi bangunan sebagai bagian kebutuhan pembuatan ruang luncur lift. Cara sederhana jika rumah anda masih tahap desain tentu dapat merujuk kepada gambar perencanaan Architect Drawing. Seperti contoh gambar dibawah ini, bagian pertama yang harus dilihat adalah :
  • Jarak antara Finish Floor Lantai 1/ Dasar (+0) ke Finish Floor Lt.2 (tempat kita berpijak di lantai 2)     yang kita sebut dengan Travel Height.
  • Jarak antara Finish Floor Lantai 2 ke Top Ceiling/ bawah langit-langit Lt.2 yang kita sebut dengan     Overhead.
  • Seberapa dalam permukaan lantai dasar di rumah anda dapat digali untuk pembuatan Pit Lift?
    Hal ini terkait dengan jalur pipa yang ada dibawah tanah apakah melewati area ruang luncur lift           atau mungkin juga terdapat tempat penampungan air ataupun septictank/ STP dibawah permukaan tanah.

Elevasi bangunan untuk instalasi lift rumah tinggal
Hitung Ketinggian Lantai ke Lantai atas berikutnya

4. Kebutuhan Listrik yang tersedia mencukupi
Posisi Kwh Meter PLN
Pastikan kebutuhan listrik di rumah anda mencukupi


5. Tentukan Bukaan Pintu Lift Yang Diinginkan di Tiap Lantai

Various kind Door Opening
Salah satu keunggulan TAMIANG ELEVATOR memiliki banyak variasi bukaan pintu lift


6. Memulai pekerjaan sipil pembuatan ruang luncur lift/ hoistway shaft

    Terdapat 2 alternatif pembuatan ruang luncur; dengan cara melakukan pengecoran beton konvensional, dan menggunakan material besi kanal/ WF. Berikut ini akan kami bahas setiap metode yang sekiranya dirasa pas dengan selera dan kebutuhan budget para pembaca.

a. Pengecoran beton konvensional                     
Full Concrete Elevator Hoistway Shaft
Memulai pekerjaan sipil pengecoran ruang luncur lift. Salah satu sisi dinding bisa sisi kiri, kanan, dan belakang harus Full Cor Beton/ Full Concrete sebagai tempat dudukan rail & counterweight lift. Sisi dinding yang lain tidak wajib full concrete, dapat menggunakan hebel, batu bata, Alluminium Composite Panel, ataupun Gypsum/ GRC Board. 


Pekerjaan sipil pembuatan 3 sisi dinding ruang luncur lift

Elevator Clear Opening Construction

Hasil akhir pengecoran ruang luncur home lift


Full Concrete Elevator Hoistway Shaft Construction
Kondisi tampak dalam ruang luncur yang telah selesai dibuat

b. Aplikasi Struktur Baja/ WF/ H-Beam


IWF Steel Elevator Hoistway Shaft Construction
 Aplikasi Struktur Besi Kanal WF/ H-Beam 250x250 pilihan tepat untuk ruang luncur lift



Steel Hoistway Shaft Construction
Aplikasi Struktur Besi Hollow Putih (Import) 100x100 dianggap cukup kuat menahan beban yang bertumpu pada ruang luncur lift.



Full Panoramic Glass with Steel Hoistway Shaft Construction
Kondisi struktur ruang luncur lift setelah selesai dibuat. Tambahkan Kaca Spyder (wajib tempered glass) sebagai pelindung ruang luncur/ shaft covered untuk memperkuat aura kemewahan di dalam rumah anda.



Full Panoramic Steel Hoistway Shaft Construction
Tampak depan ruang luncur lift melalui aplikasi Struktur Baja pada ruang luncur lift dipadu dengan Spyder Glass menghadirkan suasana modern futuristik pada interior rumah anda, silahkan buktikan!!

 Home Lift fungsional nan elegan selesai terpasang
Home Lift siap digunakan oleh penghuni rumah
Source:http://www.solusiliftrumah.com/2014/09/cara-mudah-mendesain-lift-rumah-tinggal.html

2 Responses to " CARA MUDAH MENDESAIN LIFT RUMAH TINGGAL "

  1. Perkenalkan kami PT.SUDA MANDIRI INDONESIA Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya :
    PT. SUDA MANDIRI INDONESIA
    Graha Emre Lt.IV Ruang 202A
    Jl. Raya Pondok Gede No.37, Pinang Ranti
    Jakarta Timur 13560 Indonesia.
    Mobile : 0813-1409-4936
    Phone : 021-800 1161
    Fax : 021-2280-6169
    Web : jasaimportaman.page.tl
    E-mail : Bramantyosadewa@gmail.com

    BalasHapus