Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru di Rumah


JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau umat Kristiani merayakan ibadah Natal 2020 di rumah. Hal ini demi menghindari penularan virus corona yang angkanya semakin tinggi beberapa waktu terakhir. "Jangan sampai muncul klaster baru di tengah momen bahagia yang seharusnya menjadi selebrasi seluruh umat Nasrani di Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020). Baca juga: Ini Sanksi yang Diberikan Gubernur Banten jika Ada ASN Kedapatan Pergi ke Luar Kota Saat Natal dan Tahun Baru Wiku mengatakan, penyelenggaraan ibadah Natal dan kumpul keluarga di hari raya harus tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 23 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19. Surat edaran ini diharapkan dapat meminimalisasi risiko kerumunan tanpa mengesampingkan aspek spiritualitas umat dalam melaksanakan ibadah dan perayaan natal.

 Ia meminta agar para pemuka agama Kristiani mematuhi surat edaran tersebut sehingga ibadah Natal dapat dijalankan dengan aman, bebas dari penularan virus, dan hikmat. "Perlu diingat perayaan hari raya tidak harus meriah," ujar Wiku. Selain itu, Wiku juga mengimbau masyarakat untuk merayakan malam tahun baru di rumah. Baca juga: Mal hingga Restoran di Medan Buka Sampai Pukul 21.00 WIB Saat Natal dan Tahun Baru Wiku memahami bahwa warga ingin berkumpul dengan keluarga atau melakukan rekreasi. Namun, ia menekankan bahwa saat ini bukanlah waktu yang tepat. "Kita harus sadar dan pintar beradaptasi dengan keadaan. Upaya keras kita untuk mematuhi peraturan ini akan memperbesar peluang kita untuk kembali menikmati akhir tahun seperti sedia kala di tahun depan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru di Rumah", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/12/23/09063441/satgas-covid-19-minta-masyarakat-rayakan-natal-dan-tahun-baru-di-rumah.
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Krisiandi

0 Response to "Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru di Rumah "

Posting Komentar