Sales: Posisi yang Selalu Dipertahankan?



Ketika perusahaan sedang berkembang dan ekspansi, posisi apa yang paling dicari? Jawabannya adalah Sales.
Sales adalah poros utama penjualan yang akan berdampak langsung pada revenue perusahaan, dan revenue yang mengikuti ekspansi sangat didambakan oleh pemegang kendali perusahaan.
Ketika perusahaan sedang susah karena tekanan ekonomi, persaingan maupun faktor-faktor lainnya, posisi apa yang paling dipertahankan? Jawabannya adalah Sales. Sales kembali dilihat sebagai posisi yang akan mempertahankan revenue yang dibutuhkan pimpinan.
Belum lama saya mendapatkan assignment untuk mencari posisi senior di Sales bagi perusahaan kecantikan terbesar di dunia. Posisinya adalah Head of Sales for GT. GT itu kependekan dari General Trade alias kanal distribusi tradisional. Sudah dapat kandidatnya dan wuih gajinya luar biasa sekali. Rupanya berkarir di Sales kini benar-benar bisa memberikan jaminan remunerasi yang sangat kompetitif. Singkat cerita, saya gagal mendapatkan kandidat tersebut karena yang bersangkutan ditahan oleh perusahaan tempat Ia bekerja. Ditahannya dengan apa? Ya dengan gaji yang lebih besar lah.
Beberapa pemimpin perusahaan di Indonesia juga banyak sekali yang memulai karir mereka dari Sales, sebut saja Elisa Lumbantoruan yang sempat memimpin banyak perusahaan bergengsi mulai dari Hewlett Packard hingga kini menjadi pimpinan di ISS (service company). Saya juga mengenal beberapa pengusaha sukses yang dulunya adalah karyawan dan memulai karir mereka di bidang Sales. Johannes Indratjuatja adalah pemilik Dealer besar BMW di bilangan Bintaro yang dulunya seorang Salesman di Astra.
Seperti berkarir di disiplin lainnya, berkarir di Sales juga dibutuhkan perjuangan, namun yang agak membedakan dengan posisi yang lain adalah pencapaian atau kesuksesan Sales itu sangat terlihat. Sehingga tidak heran, berkarir di Sales akselerasinya bisa lebih cepat bila dibandingkan dengan tempat lain.
Coba cek laman Karir.com. Saya jamin, selalu ada lowongan untuk posisi Sales, dan setiap bulannya selalu menempati posisi tertinggi untuk kategori jumlah iklan lowongan. Sayang, tenaga kerja yang baru masih banyak yang menganggap posisi Sales sebagai posisi yang kurang prestisius, gak keren, dan lain-lain.
Persepsi-persepsi yang salah seperti ini menyebabkan perburuan kandidat Sales yang terbaik menjadi tantangan bagi HR. Padahal, menurut saya, ada tujuh hal utama yang menjadi kelebihan Sales. Apa saja? Simak ulasannya:
  1. Membuat Anda berpikir strategis & pragmatis
    Profesi Sales merupakan profesi yang akan memacu Anda untuk bisa berpikir strategis sekaligus pragmatis. Kombinasi kemampuan yang mengasah otak kiri dan otak kanan secara berimbang dan membuat Anda menjadi pribadi yang super kreatif.
  2. Mendapat alokasi training budget paling besar
    Jika berkarir menjadi Sales di perusahaan Multinasional atau perusahaan lokal yang besar, Anda akan banyak mendapatkan pelatihan dan training. Perhatikan training budget paling besar buat divisi apa? Sales! Kenapa? Ya karena diharapkan dapat segera meningkatkan revenue, bukan?
  3. Memperluas & melatih kemampuan networking Anda
    Kesempatan membuka network akan dibangun dengan baik ketika berkarir sebagai Sales. Setelah memutuskan untuk menjadi pengusaha, network yang telah dibangun dengan baik menjadi kunci sukses. Jadi, buat Anda yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha di kemudian hari, berkarirlah dari Sales.
  4. Anak Sales (laki-laki) pacarnya cantik-cantik?
    Belajar percaya diri, berkomunikasi, bernegosiasi dan closing the deal. Jelas, sebagai Sales, Anda dituntut untuk memiliki kompetensi-kompetensi ini, dan apakah kompetensi ini hanya berguna di Sales saja? Jelas tidak. Kemampuan ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih matang dan sukses bukan hanya di pekerjaan namun juga di dunia sosial. Sudah bukan rahasia, anak-anak Sales adalah mereka yang terkenal supel dan mampu bergaul dengan baik. .. biasanya kalau anak Sales itu pria, pacar mereka cantik-cantik? Kenapa? Karena jago ngomong dan merayu semua.
  5. Loncatan menuju disiplin & sukses
    Sukses Sales adalah sukses Anda menjadi disipilin. Disiplin dan sukses menjadi dua hal yang tak terpisahkan buat mereka yang berkarir di Sales. Berkarir di Sales akan membantu Anda membuat perencanaan secara lebih proaktif, dan mengatur strategi yang tepat untuk mencapai tujuan penjualan Anda.
  6. Mampu menangani masalah dengan cepat
    Memiliki kemampuan untuk menangani problem atau keluhan pelanggan secara langsung yang akan membuat Anda menjadi lebih peka dan mampu berinteraksi dengan baik dalam kehidupan sosial.
  7. Memiliki prospek karir yang cepat & remunerasi menggiurkan
    Prospek karir yang cepat, luas dan remunerasi yang menggiurkan. Seperti sudah saya sampaikan di atas, pencapaian alias sukses di Sales akan lebih terlihat jika dibandingkan dengan departemen lain. Dan hal ini tentunya membuat karir Anda bisa lebih cepat dan juga mendapatkan remunerasi yang lebih karena pencapaian Sales Anda.
Jadi, masih ragu-ragu berkarir di Sales?

0 Response to "Sales: Posisi yang Selalu Dipertahankan?"

Posting Komentar